ADAB MENUNTUT ILMU
Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mengubah perilaku dan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Karena pada dasarnya ilmu menunjukkan kepada kebenaran dan meninggalkan segala kemaksiatan.
Banyak diantara kita terlalu buru-buru fokus pada suatu ilmu terlebih dahulu, sebelum paham mengenai adab-adab dalam menuntut ilmu. Padahal barang siapa orang yang menimba ilmu karena semata-mata hanya ingin mendapatkan ilmu tersebut, maka ilmu tersebut tidak akan bermanfaat baginya, namun barangsiapa yang menuntut ilmu karena ingin mengamalkan ilmu tersebut, niscaya ilmu yang sedikitpun akan sangat bermanfaat baginya.
Karena ILMU itu adalah prasyarat untuk sebuah AMAL, maka ADAB adalah hal yang paling didahulukan sebelum ILMU
"ADAB adalah pembuka pintu ilmu bagi yang ingin mencarinya"
Adab menuntut ilmu adalah tata krama (etika) yang dipegang oleh para penuntut ilmu, sehingga terjadi pola harmonis baik secara vertikal, antara dirinya sendiri dengan Sang Maha Pemilik Ilmu, maupun secara horisontal, antara dirinya sendiri dengan para guru yang menyampaikan ilmu, maupun dengan ilmu dan sumber ilmu itu sendiri.
Mengapa para Ibu Profesional di kelas matrikulasi ini perlu memahami Adab menuntut ilmu terlebih dahulu sebelum masuk ke ilmu-ilmu yang lain?
Karena ADAB tidak bisa diajarkan, ADAB hanya bisa ditularkan
Para ibulah nanti yang harus mengamalkan ADAB menuntut ilmu ini dengan baik, sehingga anak-anak yang menjadi amanah para ibu bisa mencontoh ADAB baik dari Ibunya
* ADAB PADA DIRI SENDIRI
a. Ikhlas dan mau membersihkan jiwa dari hal-hal yang buruk.
Selama batin tidak bersih dari hal-hal buruk, maka ilmu akan terhalang masuk ke dalam hati.Karena ilmu itu bukan rentetan kalimat dan tulisan saja, melainkan ilmu itu adalah “cahaya” yang dimasukkan ke dalam hati.
b. Selalu bergegas, mengutamakan waktu-waktu dalam menuntut ilmu, Hadir paling awal dan duduk paling depan di setiap majelis ilmu baik online maupun offline.
c.Menghindari sikap yang “merasa’ sudah lebih tahu dan lebih paham, ketika suatu ilmu sedang disampaikan.
d.Menuntaskan sebuah ilmu yang sedang dipelajarinya dengan cara mengulang-ulang, membuat catatan penting, menuliskannya kembali dan bersabar sampai semua runtutan ilmu tersebut selesai disampaikan sesuai tahapan yang disepakati bersama.
e. Bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas yang diberikan setelah ilmu disampaikan. Karena sejatinya tugas itu adalah untuk mengikat sebuah ilmu agar mudah untuk diamalkan.
* ADAB TERHADAP GURU (PENYAMPAI SEBUAH ILMU)
a. Penuntut ilmu harus berusaha mencari ridha gurunya dan dengan sepenuh hati, menaruh rasa hormat kepadanya, disertai mendekatkan diri kepada DIA yang Maha Memiliki Ilmu dalam berkhidmat kepada guru.
b. Hendaknya penuntut ilmu tidak mendahului guru untuk menjelaskan sesuatu atau menjawab pertanyaan, jangan pula membarengi guru dalam berkata, jangan memotong pembicaraan guru dan jangan berbicara dengan orang lain pada saat guru berbicara. Hendaknya penuntut ilmu penuh perhatian terhadap penjelasan guru mengenai suatu hal atau perintah yang diberikan guru. Sehingga guru tidak perlu mengulangi penjelasan untuk kedua kalinya.
c. Penuntut ilmu meminta keridhaan guru, ketika ingin menyebarkan ilmu yang disampaikan baik secara tertulis maupun lisan ke orang lain, dengan cara meminta ijin. Apabila dari awal guru sudah menyampaikan bahwa ilmu tersebut boleh disebarluaskan, maka cantumkan/ sebut nama guru sebagai bentuk penghormatan kita.
* ADAB TERHADAP SUMBER ILMU
a. Tidak meletakkan sembarangan atau memperlakukan sumber ilmu dalam bentuk buku ketika sedang kita pelajari.
b. Tidak melakukan penggandaan, membeli dan mendistribusikan untuk kepentingan komersiil, sebuah sumber ilmu tanpa ijin dari penulisnya.
c. Tidak mendukung perbuatan para plagiator, produsen barang bajakan, dengan cara tidak membeli barang mereka untuk keperluan menuntut ilmu diri kita dan keluarga.
d. Dalam dunia online, tidak menyebarkan sumber ilmu yang diawali kalimat "copas dari grup sebelah" tanpa mencantumkan sumber ilmunya dari mana.
e. Dalam dunia online, harus menerapkan "sceptical thinking" dalam menerima sebuah informasi. jangan mudah percaya sebelum kita paham sumber ilmunya, meski berita itu baik.
Adab menuntut ilmu ini akan erat berkaitan dengan keberkahan sebuah ilmu, shg mendatangkan manfaat bagi hidup kita dan umat
Referensi :
Turnomo Raharjo,
Literasi Media & Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi, Jakarta, 2012.
Bukhari Umar, Hadis Tarbawi (pendidikan dalam perspekitf hadis), Jakarta: Amzah,
2014, hlm. 5
Muhammad bin sholeh, Panduan lengkap Menuntut Ilmu, Jakarta, 2015
NICE HOMEWORK #1
ADAB MENUNTUT ILMUBunda dan calon bunda peserta matrikulasi Ibu Profesional Batch #3, kini sampailah kita pada tahap menguatkan ilmu yang kita dapatkan kemarin, dalam bentuk tugas.
Tugas ini kita namakan NICE HOMEWORK dan disingkat menjadi NHW.
Dalam materi "ADAB MENUNTUT ILMU" kali ini, NHW nya adalah sbb:
1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.
Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia
Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/
NHW#1_Sri Mulyani _IIP
Barlingmascakeb
1. Ilmu yang sedang
berusaha saya tekuni adalah ilmu mengajar, bagaimana saya bisa mengajar
mahasiswa dengan lebih profesional lagi, agar bisa lebih semangat lagi untuk
bisa berdakwah di kalangan generasi muda yaitu mahasiswa dengan pandai mengemas
materi dan tampil semaksimal mungkin.
2. Alasan terkuatnya
bahwa saya berharap apabila saya mengajar bisa dipahami oleh mereka, dan
menarik sehingga mereka semangat untuk mendalami dan mengamalkannya, intinya
adalah bisa “MENGGUGAH & MENGUBAH”, kalau sudah mengguhah hati mereka dan
mereka mau mengamalakan segala ilmu yang diperolehnya sehingga ada perubahan
dalam dirinya menjadi lebih baik, maka semoga menjadi amal sholeh saya nanti
sebagai amal zariyah yaitu ilmu yang bermanfaat.
3. Strategi untuk
menuntut ilmunya, saya berusaha dulu semaksimal mungkin untuk mempersiapkan
segala keperluan mengajar, mulai dari materi saya harus berusaha untuk lebih
menguasai dengan banyak membaca referensi, menyusun sistematika penyampaian
materi, slide yang menarik, menentukan strategi dan metode pembelajaran yang
akan digunakan, mengenal medan yaitu dengan mencoba mengenali karakteritik
internal mahasiswa dan mengenal lingkungan kelas berkaitan dengan media dan
fasilitas. Selain itu, mempersiapkan performance dan mental serta tutur kata
yang harus terjaga dan tampil semaksimal mungkin.
Selanjutnya saya
melakukan evaluasi secara pribadi dan evaluasi dari mahasiswa dengan lembar
evaluasi atau refleksi yang di desain oleh saya sendiri sesuai dengan apa yang
ingin saya ketahui. Kemudian saya juga berusaha untuk membaca tips-tips
mengajar yang baik dan banyak belajar dari guru yang saya kagumi dan dari
orang-orang yang jago dalam public speaking.
4. Mengenai adab
menuntut ilmu, perubahan yang saya perbaiki dalam proses mencari ilmu saya
berusaha menjadi gelas kosong dengan penyaring dan di posisikan dibawah teko,
tidak sejajar apalagi di atas, dalam artian bukan saya merasa sudah tau tapi
saya belum tau dan selalu menyaring segala ilmu yang saya peroleh tidak saya
serap begitu saja dan saya posisikan di bawah guru untuk siap menerima kucuran
ilmu, karena kalau sejajar atau diatas tidak mungkin bisa menerima kucuran ilmu
dari guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih sudah berkunjung.