{padding: 20px; margin: 10px; background:#ffffff;}

Rabu, 29 Juni 2022

Sarapan Sumber Kekuatan Menjalani Aktivitas Seharian

Sarapan bagi saya adalah sesuatu yang wajib tiap pagi dilakukan, hal ini berawal dari pengalaman saya sewaktu kuliah S1. Maklum anak kost serba terbatas dan serba sendiri, intinya harus semua dikerjakan sendiri. Apalagi sudah jadi rahasia umum bahwa penyakit anak kost adalah mag, parah-parahnya adalah types. Itu yang saya alami yaitu gejala types. Sungguh sangat tersiksa sekali, dan yang lebih tersiksa nya adalah mengganggu perkuliaha.

Sejak saat itu saya selalu memaksakan diri untuk sarapan, sesibuk apapun, karena itu mempengaruhi aktivitas saya selanjutnya. Akibat yang saya rasakan kalau tidak sarapan adalah belajar tidak focus, aktivitas tidak berenergi, kepala sakit, akhirnya magnya kambuh. Yang lebih menyiksa adalah merusak mood diri kita sendiri.

Ngomong-ngomong masalah mood, coba cek deh kalau ada orang atau kita sendiri merasa lebih mudah kesal atau mudah marah. Jangan-jangan disebabkan karena perut lapar gara-gara belum sarapan. Nah agar ini tidak terjadi, biasakan untuk memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stress di pagi hari dapat diatasi.

Lanjut, kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat kita lebih fokus dan lebih produktif dalam mengerjakan tugas karena perut kita sudah terisi, sehingga kalau tidak sarapan daya pikir akan menurun.

Sarapan tidak harus yang mewah yang penting sehat dan perut terisi, tapi buat saya tetap wajib nasi. Kebiasaan ini saya bawa sampai saya menikah dan punya anak dua. Pokoknya semua anggota keluarga tiap pagi semuanya harus makan terlebih dahulu, mulai dari suami, saya dan anak-anak semua sarapan bersama.

Yang lucunya kalau ada tamu atau ada orang tua atau keluarga, mereka yang tidak terbiasa sarapan pagi di rumahnya mau tidak mau ketika ke rumah kita mereka ikut sarapan. Tapi kadang ada yang menolak, katanya mereka tidak biasa sarapan apalagi dengan nasi. Buat kami tidak masalah, kita tidak bisa memaksakan mereka.

Begitupun ketika kami pergi liburan dan menginap di rumah siapapun tetap harus sarapan. Kalaupun kami belum disuguhi oleh tuan rumah, kami usahakan untuk tetap sarapan. Kami inisiatif untuk mencari dengan alasan jalan-jalan pagi, padahal kami mencari sarapan. Begitu pentingnya sarapan bagi kami.

Sarapan atau makan pagi mungkin bagi sebagian orang malas, tetapi kalau mereka mengerti betapa manfaatnya mungkin mereka akan mengusahakn untuk bisa mneyempatkannya. Manfaat tersebut tentunya tidak hanya jangka pendek tapi juga juga panjang.

Yang paling membahagiakan buat saya, ternyata sarapan pagi bisa membantu menurunkan badan loh. Kok bisa? Ya bisa lah… menurut penelitian bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan badan, bahkan mendukung program diet. Masuk akal sih, karena kalau sarapan pagi kita tidak akan terlalu lapar pada siang harinya. Sehingga pas siang hari kita akan terhindar dari makan yang berlebihan.

Yuk ah… sarapan pagi banyak manfaatnya dan manfaatnya kembali untuk diri kita sendiri. Percayalah kita akan lebih baik dengan membiasakan sarapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung.